“Exploding Sensation of Sumateran Intimacy” in Danau Toba, North Sumatera

Danau Toba. Dengan luas 1265 KM Kubik, dan sebuah pulau (Samosir) ditengahnya, terlihat jelas bahkan dalam peta nasional yang menampakkan Indonesia dari Sabang, Sumatera hingga Marauke, Papua. Wajar jika ia dinobatkan sebagai Danau Terbesar di Asia Tenggara

Danau Toba 

“Exploding Sensation of Sumateran Intimacy”

Danau toba yang terletak di Sumatera utara merupakan danau terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, dan merupakan destinasi wisata terbesar ketiga di Indonesia (Luasnya 1.265 KM (sumateraecotourism.com)). Danau yang terbentuk dari proses ledakan gunung Supervolcano ini, telah menjadi ikon sumatera utara sejak dulu. Proses terjadinya danau ini merupakan salah satu ledakan gunung terbesar dalam sejarah, dimana ledakan Supervolkano menyusutkan hingga 60 % jumlah populasi manusia saat itu.

Sambutan kera-kera liar dipinggir jalan, penjual buah-buah segar yang menjajakan buah dengan ditandu dikepala, toko aksesoris dan hidangan-hidangan khas dari danau ini menjanjikan kepuasan travelling bagi siapapun yang singgah atau sekedar mampir ke kawasan danau ini. Sejak berpuluh-puluh tahun lalu, Kota Parapat dan jalan dipinggir danau seluas lebih dari 1000 KM ini telah menjadi jalan lintas sumatera (JALINSUM) utama dari utara (Medan, Aceh) ke provinsi lain diselatan sumatera, seperti Sumbar, Bangka, Riau, Sumsel, Palembang dsb. Jadi tidak heran kalau sejak dulu, Danau Toba telah didengar namanya dimana-mana.

Seekor monyet yang diambil gambarnya dengan kamera Ponsel diatas mobil yang sedang berjalan.

Seekor monyet yang diambil gambarnya dengan kamera Ponsel diatas mobil yang sedang berjalan.

Seekor monyet yang diambil gambarnya dengan kamera Ponsel diatas mobil yang sedang berjalan.

Seekor monyet yang diambil gambarnya dengan kamera Ponsel diatas mobil yang sedang berjalan.

Air danau yang jernih memungkinkan kita melihat jelas hingga ke kedalaman 5 meter dibawah permukaan. Itulah pula sebabnya, atraksi lempar koin oleh turis asing –untuk ditangkap/dicari oleh anak-anak kecil disana—masih bisa dilakukan. Bahkan jika sedang beruntung, kita bisa menangkap ikan-ikan sambil menyelam dipinggir danau.

Yang pasti memorable, dan sangat diwajibkan adalah membawa keluarga ketempat ini. Disekitar danau mudah ditemui hotel-hotel dan penginapan, baik yang berbintang hingga konsep villa sekalipun. Dimalam hari, berlatar gemerlapnya lampu-lampu hotel dipinggir danau, cukup menyaksikan dari seberang jalan –karena danau berada persis disamping jalan—sensasi hempasan ombak danau akan turut menguras rasa kagum anda. Cobalah tetap terjaga hingga dini hari, sekitar pukul 12 hingga 5 pagi. Bahkan untuk berjalan di jalan beraspal yang keringpun akan membuat kaki seakan mati rasa karena dinginnya. Pada jam itu, kenderaan tidak akan banyak berlalu lalang, karena pinggir danau bukanlah tempat istirahat yang bisa ditolak oleh pengendara-pengendara yang lewat. Tapi Jujur saja, tidur (dan melewatkan suasana malam yang sunyi di danau toba) bukanlah hal ingin anda lakukan ketika berada disana.

Kalaupun terlalu lelah hingga akhirnya terpaksa melewatkan pengalaman malam di Danau Toba untuk beristirahat, suasana pagi hari tidak kalah menjanjikannya. Hari-hari menjelajahi Danau Toba baru bermula disini. Untuk mereka yang matanya masih rabun terhalang kantuk, cobalah celupkan kaki di pinggir danau. Atau lebih-lebih jika berani mencoba menyelupkan tubuh di pinggir danau yang dangkal. Sekali lagi, saya jamin tidak akan ada kantuk yang tahan dengan magisnya air Toba ini.

Luas danau yang mencakup 1256 KM2 ini, memiliki pulau ditengahnya yang kaya akan peninggalan sejarah dan nuansa budaya Batak,yakni  Pulau Samosir. Untuk menjangkau pulau ini, kita bisa menggunakan perahu besar, ukuran sedang, bahkan perahu motor kecil yang bisa disewa dari penduduk sekitar.

Kapal kapal yang siap dalam segala sisi, untuk mengantarkan anda mengelilingi Danau Toba atau Mencapai Pulau Samosir

Soal kuliner, Danau ini tidak melulu menawarkan lauk untuk disantap. Walau ikan dari danau ini diolah sangat nikmat dengan bumbu berkarakter sumatera yang cenderung pedas dan nikmat.

Tempat makan dipinggiran Danau.

Sendiri atau membawa serta keluarga, entah itu orangtua atau istri dan anak atau kerabat anda ke Danau ini akan melengkapi Bathin sebagai manusia. Tidak berlebihan rasanya jika Danau Toba adalah ‘Tanah Suci’ bagi Traveller dan pengagum karya-karya sang pencipta. Karena sensasi keakraban (kekeluargaan) –dengan penduduk sekitar danau maupun keluarga—sembari  mengagumi salah satu berkah dunia –Danau Toba—tidak akan anda dapati dimanapun juga, dibelahan bumi lainnya.

Bangunan bangunan yang memudahkan kita untuk memandang Danau Toba (Toba Lake) secara lebih leluasa dan memuaskan. Hipnotis diri anda untuk bisa beranjak dari tempat ini, sebelum mengunjunginya

Danau Toba dimalam hari

Exploding Sensation of Sumateran Intimacy in Danau Toba

 

Nb:

Semua gambar adalah hak intelektual pemilik aslinya, bukan penulis (dalam hal ini pemilik blog). oleh karenanya, tautan asli (link) bisa anda dapatkan dengan meng’klik’ gambar tersebut. Kecuali gambar monyet (karena milik penulis)

Referensi lain terkait Danau Toba bisa dilihat di  Sumateraecotourism.com <http://www.sumatraecotourism.com/laketoba.html&gt;

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s